Jumat, 09 Februari 2018

Cara Mudah Menghasilkan Uang Lewat Smartphone

Cara Mudah Menghasilkan Uang Lewat Smartphone

Bukankah asyik punya penghasilan sendiri apalagi dengan hanya menggunakan  smartphone Anda? Terlebih buat Anda yang masih kuliah dan belum kerja permanen. 

Dengan pekerjaan mudah ini Anda bisa mendapatkan uang tambahan. Tidak perlu repot-repot, cukup maksimalkan fungsi smartphone di genggaman Anda.

Ini dia beberapa pilihan cara mendapatkan yang dengan mudah lewat smartphone, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id.

1. Gunakan aplikasi microtasking

Coba cek smartphone Anda, sudahkah didukung dengan aplikasi microtasking? Beberapa aplikasi smartphone sudah banyak yang menawarkan layanan microtasking dengan imbalan berupa uang tunai atau pulsa.

Hanya dengan melakukan tugas khusus yang diberikan di aplikasi itu, Anda bisa mendapatkan uang.

Mau? Contoh aplikasinya adalah Snapcart yang akan memberikan Anda cashback dari struk belanjaan yang Anda foto, atau Cashtree yang memberikan Anda pulsa jika sering membuka kunci smartphone.

Nah, ini juga termasuk cara mendapatkan uang dengan cepat lewat aplikasi smartphone. Cobain yuk!

2. Menawarkan jasa

Memiliki kemampuan banyak tapi bingung cara menyalurkannya? Duh, sayang banget coba deh Anda tawarkan jasa dengan skills Anda itu.

Atau Anda bisa jailbreak iPhone? Atau jago dengan segala masalah smartphone Android?  Serta tahu cara membobol smartphoneyang dikunci iCloud atau Google Account?

Jika iya, jual jasa Anda lewat channel sosial media yang Anda miliki. Dijamin uang jajan akan terus mengalir kok jika Anda menjual jasa dari keahlianmu. Asyik, kan?

3. Dropshipping

Belum familiar dengan istilah ini? Dropshipping adalah istilah keren untuk kegiatan membantu menjual barang orang lain. Nah, ini juga jadi cara mendapatkan uang dengan mudah lewat smartphone lho.

Di era  online shop yang semakin menjamur ini, Anda bisa banget membuka toko tanpa harus memiliki barang yang akan dijual.

Intinya seperti Anda mempromosikan barang milik toko lain di akun sosial media Anda, atau bahkan di akun online shop sendiri. Wah, tentunya bakal menarik deh.

Nantinya setiap ada pembeli yang masuk ke Anda, tugasmu adalah menghubungi seller agar mengirimkan barang ke konsumen yang membeli di Anda.

Seru kan? Untuk melakukan dropshipping Anda bisa menggunakan akun BlackBerry Messenger, Facebook, atau Instagram. Jadi, coba deh pahami cara dropshipping dengan jitu.

4. Menjadi influencer

Banyak yang bilang dengan mudahnya akses internet menjadikan lebih banyak peluang cara mendapatkan uang dengan cepat tanpa modal.

Misalnya saja, dengan menjadi influencer. Apalagi saat ini vendor dan produsen mulai melirik bisnis lewat internet.

Nah, jika Anda adalah seorang seleb di sosial media dan memiliki banyak followers, bisa banget lho Anda mendapatkan uang jajan hanya dengan bermodal smartphone.

Dengan melakukan endorsement produk di akun sosial media milikmu, dijamin Anda akan mendapat uang jajan tambahan dengan mudah. Mau coba, guys?

5. Menjadi event organizer

Lho, kok event organizer dikategorikan cara mendapatkan uang dengan mudah lewat smartphone? Kan event organizer dilakukan dengan cara manual seperti mencari vendor dan klien.

Tidak juga kok, Anda bisa jadi event organizer atau bahkan tim hore dengan menggunakan smartphone.  

Misalnya nih, menjelang event-event besar seperti pemilu itu selalu ada tim khusus yang dibentuk?

Dimana tugas tim ini adalah untuk meramaikan suatu isu yang diangkat ke publik. Nantinya tim ini akan diberikan bayaran khusus.

Contoh, jadi social media admin atau content writer yang tak perlu berurusan langsung dengan event secara manual tetapi lebih ke digital. Seru kan?

6. Jual stock foto

Jika Anda memiliki smartphone yang dibekali teknologi kamera mumpuni serta memiliki skill fotografi yang cukup, kenapa tidak coba jualan stock foto?

Ini juga jadi cara mendapatkan uang melalui internet yang bisa Anda lakukan dengan smartphone lho.

Rajin-rajinlah berburu foto di alam dan lingkungan sekitar, lalu upload foto milikmu ke situs penyedia stock foto.

Jika fotomu keren, bukan tidak mungkin ada yang akan menggunakannya untuk keperluan bisnis, kan? Dan tentu mereka harus membayar hak cipta. Jadi, pahami juga prosedurnya ya!

7. Jadi freelancer

Duh, guys jangan cuma main instagram atau snapchat biar kekinian, coba deh gunakan juga Linkedin. Sudah waktunya Anda membangun relasi dan profil profesional.

Mempromosikan skill Anda di LinkedIn adalah langkah bijak untuk mengembangkan sayap di dunia luar.

Bukan tidak mungkin ada yang tertarik untuk merekrut Anda sebagai freelance yang kerja di rumah hanya bermodal smartphone jika memiliki skill menarik di akun LinkedIn Anda.

Salah satu jasa freelance yang bisa dilakukan dengan smartphone adalah menjadi penulis, seperti menjadi kontributor penulis yang menjual artikel per tulisan. Dan masih banyak jasa lainnya.

Tantangan Pemasaran Digital Di Indonesia

Tantangan Pemasaran Digital Di Indonesia

Tantangan pemasaran digital di Indonesia terbilang masih banyak. Salah satunya, sebagaimana catatan dari laman tristarmuzatek.com adalah peluang membangun awareness alias pemahaman luas tentang produk.

Tantangan pemasaran digital yang acap dikenal sebagai digital marketing ini dijawab oleh PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) (Persero). Sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com pada Kamis kemarin, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memasukkan pemasaran digital lewat Program Sinergi BUMN berkenaan dengan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

"Kami melakukan peluncuran program Sinergi BUMN Dukung Sumbar sebagai Destinasi Wisata," kata Direktur Operasional Ritel Askrindo Anton Siregar sembari menambahkan bahwa dalam kegiatan itu pula pihaknya juga memberikan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk masyarakat Sumatera Barat.

Askrindo dalam kesempatan itu menggelar pelatihan UMKM serta pembekalan digital marketing kepada 25 wartawan. "Tujuannya untuk memperkaya wawasan para insan media sekaligus memberikan kesempatan untuk memperdalam digital marketing," kata Anton.

"Di era seperti saat ini, trend digital marketing baik di internasional maupun di lokal mengalami tren yang sangat baik, dengan digital masyarakat lebih simpel, mudah serta cepat. Jadi kita harus mengikuti tren digital yang ada," jelas Anton.

Digitalisasi

Senada dengan perkembangan teknologi, Askrindo juga tengah melakukan pengembangan digitalisasi guna menuju visi perusahaan menjadi pemimpin pasar pada 2020.

"Untuk mendukung digitalisasi perusahaan guna menuju market leader tahun 2020 kita akan mengeluarkan beberapa mobile applications yang akan kita launch ke masyarakat guna untuk memudahkan akses kepada masyarakat," ujar Anton.

Dia melanjutkan, Askrindo juga akan melakukan digitalisasi bisnis, proses maupun marketing komunikasi, dan akan membangun brand image sebagai salah satu perusahaan pemerintah yang mampu memberikan parameter puas kepada masyarakat.

Perkuatan Teknologi Informasi (TI) Askrindo dilakukan melalui jaringan yang tersebar pada 34 provinsi dan 60 kantor cabang seluruh Indonesia.

Kecerdasan Buatan Pengaruhi Perekrutan Di Banyak Perusaaan

Kecerdasan Buatan Pengaruhi Perekrutan Di Banyak Perusaaan

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini menyajikan informasi yang dibutuhkan dalam mencari dan merekrut profesional berkualitas.

Hal ini adalah hasil temuan survei global Korn Ferry terhadap 800 profesional pencari talenta.

Sebanyak 64 persen responden di Asia Pasifik menyatakan, AI telah mengubah cara perekrutan dalam organisasi mereka. Sementara itu sebanyak 76 persen menyatakan dengan menggunakan AI sebagai alat rekrutmen, mereka dapat menghasilan kandidat berkualitas tinggi.

"Saat diminta membandingkan kualitas calon kandidat saat ini hingga lima tahun lalu, di saat AI baru berkembang, 65 persen responden mengatakan bahwa kandidat yang mereka temukan saat ini lebih baik," kata Korn Ferry dalam laporannya, Jumat (9/2/2018).

Meskipun demikian, 56 persen setuju bahwa lowongan lebih banyak diisi oleh kandidat internal dibandingkan dengan kandidat eksternal, yang menunjukkan penekanan pada bakat yang bertumbuh di dalam perusahaan.

Kemudian sebanyak 75 persen perusahaan yang disurvei menyampaikan bahwa mereka memiliki program mobilitas internal.

Rangkaian pelatihan mengenai protokol dan prosedur perusahaan, serta pemahaman akan budaya perusahaan, menempatkan kandidat internal menjadi yang terdepan dalam hal kecepatan mempelajari peran baru di divisi atau lokasi baru.

Menurut survei ini, perekrut profesional menyambut AI sebagai perangkat. Setengahnya atau 51 persen mengatakan bahwa big data dan AI memudahkan peran mereka, dimana 40 persen mengatakan bahwa AI paling membantu dalam menyajikan temuan-temuan yang berharga.

Selanjutnya sebanyak 34 persen mengatakan bahwa AI menghemat waktu mereka. Dari 14 persen responden yang mengatakan bahwa AI menjadikan pekerjaan mereka lebih sulit, mayoritas menyampaikan bahwa mereka memiliki terlalu banyak data dan mereka tidak tahu harus melakukan apa.

"AI secara dramatis meningkatkan pencapaian dengan mengurangi waktu yang dihabiskan ketika memilah demikian banyak CV, demi menemukan kandidat yang paling sesuai untuk posisi tertentu," kata Pip Eastman, Managing Director, APAC Regional Solution, Korn Ferry.

"Hal ini terutama terjadi di pasar negara berkembang dimana terdapat banyak kandidat potensial, namun keterampilan khusus tidak banyak tersedia. Nantinya, kita akan menyaksikan lebih banyak pimpinan yang berupaya menata ulang keterampilan dan mempromosikan karyawan yang telah tersedia.".

Tips Jadi Reseller Online Sukses

Tips Jadi Reseller Online Sukses

Keterbatasan modal bukan lagi hambatan saat ingin menjalankan bisnis. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memperoleh modal, yaitu dengan mencari sponsor, berbisnis patungan, ataupun pinjam uang ke bank.

Namun, hidup jadi kurang tenang karena selalu dibayang-bayangi pembayaran cicilan.

Untuk menghemat modal, Anda bisa menjalankan bisnis online. Keuntungan dari bisnis ini lumayan besar, apalagi jika Anda berhasil menjadi reseller online.

Namun, sebelum benar-benar terjun sebagai reseller online, alangkah baiknya mencermati hal-hal berikut ini.

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Sebelum memulai bisnis dengan menjadi reseller online, cobalah cari tahu produk seperti apa yang ingin Anda jual. Entah itu pakaian, make up, automotif, atau aksesoris. Jangan lupa untuk menentukan siapa yang menjadi target pasar agar proses penjualan produk jelas. Usahakan produk yang dijual sesuai dengan permintaan pasar.

Agar proses pemasaran produk lebih mudah, Anda perlu tahu mengenai seluk beluk dari produk yang dijual. Ketika suatu saat konsumen menanyakan detail dari produk yang dijual, Anda dapat menjelaskannya dengan baik dan lengkap.

2. Tetapkan Harga yang Terjangkau

Selanjutnya adalah menentukan harga jual per produk. Penetapan harga jual harus sesuai dengan keadaan ekonomi masyarakat Indonesia. Jualah produk dengan harga yang terjangkau. Hindari menjual dengan harga yang terlalu mahal.

Memang harga jual yang rendah tidak memberikan keuntungan yang optimal. Namun, cara ini leih baik untuk mempercepat laju perputaran barang dan pendapatan. Dengan begitu, bisnis Anda terus berjalan.

3. Kenali Kompetitor

Posisi kompetitor tentu dapat membahayakan posisi Anda sebagai reseller online. Tidak dapat dimungkiri, semakin banyak reseller, semakin ketat pula persaingan. Akibatnya, proses perputaran barang semakin lambat.

Apalagi jika pesaing memonopoli harga barang. Di mana harga yang ditetapkan pesaing jauh lebih murah dibandingkan harga yang Anda tetapkan.

Lain halnya jika sudah memiliki pelanggan tetap. Proses perputaran barang tidak terkena dampak yang siginifikan. Selain persaingan harga, Anda dan kompetitor juga akan bersaing di sektor kualitas produk. Juga dalam hal pelayanan bisnis online.

4. Gunakan Teknik Pemasaran yang Sesuai

Tips selanjutnya ialah menetapkan teknik atau strategi pemasaran yang tepat. Ketika Anda hanya menjual produk di satu pasar saja, kapan bisnis akan berputar? Bisa-bisa bisnis hanya bergerak di situ-situ saja atau bahkan mengalami kebangkrutan.

Adapun metode pemasaran yang tepat untuk menjajakan bisnis online ialah melalui media sosial, media cetak (majalah, koran, atau surat kabar), ataupun media elektronik (televisi dan radio). Pilih metode mana yang paling cocok untuk produk yang Anda jual.

5. Promosi di Media Sosial

Promosi di media sosial menjadi salah satu dari teknik pemasaran paling ampuh dalam bisnis online. Metode promosi biasanya dilakukan melalui akun media sosial, misalnya Facebook dan Instagram. Anda juga dapat mencoba media sosial lainnya, seperti Twitter, blog, ataupun online marketplace.

Cara promosi di media sosial juga sangat mudah, yaitu dengan membuat akun khusus untuk bisnis online, posting foto, dan testimoni. Testimoni berguna sebagai tanda bukti atas transaksi penjualan yang berfungsi untuk menambah kredibilitas Anda sebagai reseller online.

6. Berikan Promo Menarik Kepada Pembeli

Jadilah reseller online yang sedikit royal. Artinya, jangan enggan untuk memberikan promo menarik kepada para konsumen. Pengadaan promo juga tidak perlu terlalu sering. Cukup dalam event tertentu saja. Misalnya, anniversary bisnis online atau perayaan hari-hari besar di Indonesia.

Pemberian promo menarik dipercaya ampuh untuk memanggil para konsumen untuk membeli produk yang Anda jual. Uniknya, konsumen yang datang bukan hanya yang sudah pernah membeli, melainkan juga konsumen baru yang sama sekali belum membeli.

Jadilah Reseller yang Bijaksana

Jadi reseller itu tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Anda butuh kehati-hatian ekstra selama menjalankan bisnis agar dapat berjalan lancar sesuai yang diinginkan. Selain mengikuti tips-tips di atas, Anda juga perlu membangun pelayanan yang baik untuk meningkatkan relasi dengan para pelanggan.

4 Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

4 Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Wajar memang jika saat berolahraga secara intensif, tubuh akan merasa lebih lelah.

Untuk mengatasi keadaan ini, banyak yang memilih mengonsumsi suplemen penambah energi sebelum berolahraga.

Suplemen ini mengandung bahan kimia yang berisiko bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Sebagai alternatif, banyak orang yang menggantinya dengan konsumsi kopi untuk mendapatkan energi dan menghilangkan lelah.

Baca juga : Racikan Kopi Panas Campur Telur Mentah, Mau Coba?

Kandungan kafein dalam kopi juga membantu otot untuk membakar lemak. Otot menggunakan glikogen sebagai energi.

Bila cadangan glikogen telah habis, otot menjadi lemah dan kita pasti akan merasa lelah. Kafein dalam kopilah yang berperan dalam mengatasi masalah ini.

Kafein membantu menjaga cadangan glikogen agar otot tidak merasa lelah. Dengan demikian, proses pembakaran lemak akan menjadi lebih efektif.

Selain itu, konsumsi kopi juga membantu meningkatkan kesehatan kita. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan mengonsumsi kopi sebelum berolahraga.

1. Mengurangi rasa sakit

Konsumsi kopi sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kelelahan dan olahraga.

Dengan mengonsumsi 2-3 cangkir sebelum berolahraga intensif, dapat membantu mengurangi rasa sakit saat berolahraga.

Secangkir kopi sebelum berolahraga juga memungkinkan otot bekerja dengan efisien.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Konsumsi kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah kita. Konsumsi kopi juga meningkatkan fungsi oksigen ke jaringan.

Hal ini dapat membentuk performa yang lebih baik selama berolahraga.

3. Meningkatkan Memori

Tidak ada kaitannya antara olahraga dan ingatan. Namun, kita perlu mengingat metode yang kita gunakan untuk berolahraga.

Mengkonsumsi dua cangkir kopi sebelum berolahraga sangat bermanfaat. Menurut sebuah penelitian, kafein dalam kopi membantu meningkatkan memori hingga 24 jam setelah mengonsumsinya.

4. Berperan sebagai bahan bakar otot

Menurut sebuah penelitian, konsumsi kafein dan karbohidrat meningkatkan jumlah glikogen dalam tubuh. Glikogen inilah yang bermanfaat untuk olahraga.

Glikogen memberikan kekuatan pada tubuh saat kita berolahraga.

7 Tips Merias Wajah Agar Terlihat Cantik Alami

7 Tips Merias Wajah Agar Terlihat Cantik Alami

Merias wajah adalah hal yang sangat penting bagi wanita. Semua wanita pasti ingin tampil cantik alami. Inilah mengapa riasan bergaya natural sangat disukai oleh wanita.

Memang sangat sulit untuk merias wajah secara natural. Seringkali wanita tanpa sadar melakukan kesalahan saat merias wajahnya. Bukannya tampil alami, malah terlihat aneh, bukan?

Wendy Rowe, seorang pakar makeup artis dan konsultas kreatif dari Burberry Beauty (brand produk kecantikan dari Inggris), membeberkan rahasia bagaimana merias wajah agar terlihat cantik alami.

Berikut cara meriah wajah secara natural ala Wendy Rowe.

1. Pembersih dan pelembab

Wendi Rowe mengatakan kunci untuk tampilan alami adalah memiliki dasar yang baik. Kita tentu tidak akan pernah memulai lukisan di atas kanvas kotor, jadi pastikan kulit bersih dan lembap sebelum merias wajah.

Wendy juga mengatakan untuk mengganti pelembap seperti kita mengganti mantel. Kita tentu tidak akan memakai mantel tebal di musim panas, kan?

Jadi, jangan gunakan pelembap yang berat saat musim panas atau di daerah panas. Gantilah dengan yang lebih ringan. Baru saat musim dingin, kita bisa memakai pelembap yang berat.

2. Gunakan foundation di tempat yang dibutuhkan

Untuk tampilan siang hari yang alami, Wendy merekomendasikan kepada para wanita untuk memperhatikan tone warna kulit agar terlihat bersinar dan ringan.

Gunakanlah produk yang berbasis air agar menghasilkan tampilan alami dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Jangan gunakan produk berbasis serbuk karena bisa menimbulkan kerutan dan menyebabkan kulit kering.

Ia juga menyarankan kita agar mengaplikasikan foundation hanya dengan kuas pada area yang kita inginkan saja. Cara ini akan tetap menampilkan warna alami kulit kita dan membuat riasan wajah terlihat lebih natural.

3. Gunakan concealer hanya di area cekungan mata

Wendy mengatakan agar kita mempertahankan sisi alami bagian bawah mata, tetapi tetap menutupi cekungan bawah mata.

Menggunakan bulu mata untuk menyamarkannya justru membuat riasan kita tidak terlihat natural.

Untuk memperbaikinya, Wendy merekomendasikan agar menggunakan concealer tipis hanya di sudut dalam dan pada area cekungan bawah di bawah mata, bukan di sepanjang area bawah mata hingga sampai ke bulu mata. Lalu, ratakan concealer tersebut dengan menggunakan jari.

4. Jangan gunakan contouring dan blush on yang cerah

Wendy menyarankan kepada para wanita agar menggunakan contour dan perona pipi yang ringan seperti warna yang memiliki sentuhan abu-abu. Hindarilah penggunaan perona pipi dan contour wajah yang terlalu cerah.

Untuk mengaplikasikannya, gunakan kuas berbentuk siku dan aplikasikan dengan memutar kuas di atas area pipi dan di sepanjang tulang pipi.

Cara ini dapat memberi kita tampilan yang elegan namun alami.

5. Gunakan teknik tightline pada bulu mata dan aplikasikan contour pada lipatan mata

Gunakan contour  mata berwarna taupe yang diaplikasikan dengan kuas fluffy. Aplikasikan pada lipatan mata agar membentuk bayangan yang halus.

Setelah itu, gunakan eyeliner hitam cair untuk memberi garis pada mata. Sebaiknya mengaplikasikan eyeliner dari ujung mata agar menghasilkan garis yang halus.

Ini tidak hanya akan menjaga garis yang stabil, namun akan menciptakan tampilan mata yang alami.

6. Buat alis dengan goresan kecil

Menurut Wendy, menggambar alis terlalu tebal justru membuat alis nampak palsu dan aneh.

Pada kenyataannya, alis benar-benar memiliki celah yang bagus, sehingga untuk mempertahankan tampilan itu, kita hanya perlu menciptakan goresan halus sesuai arah tumbuhnya rambut alis.

Ia juga menyarankan agar kita menggunakan pena alis daripada bedak atau pensil alis. Pena alis, menurut Wendy, dapat memberikan efek yang lebih alami.

7. Gunakan jari saat mengaplikasikan lipstik

Wendy menyarankan agar kita menggunakan jari untuk memakai lipstik pada bibir daripada menggunakannya secara langsung. Oleskan lipstik pada jari dan aplikasikan pada bibir.

Cara ini akan membuat warna bibir terlihat lebih alami.

Wajah Sering Gatal? Inilah Penyebabnya

Wajah Sering Gatal? Inilah Penyebabnya

Terkadang kulit wajah bisa terasa gatal. Bukan hanya mengganggu, tapi juga kita sulit mengontrol gatal ini. Untuk mengatasinya, tentu kita harus tahu penyebab kulit wajah gatal.

- Alergi musiman
Alergi karena lingkungan atau musim merupakan penyebab tersering wajah terasa gatal. Hal ini terutama dialami mereka yang tinggal di negara empat musim.

- Kulit kering
Kelembaban kulit yang menurun juga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal.

- Eksim
Lebih dari sekadar kulit yang mengering, eksim adalah rasa gatal ekstrim dan sulit diatasi. Eksim juga merupakan bagian dari alergi.

- Alergi makanan dan obat
Reaksi alergi terhadap makanan dan obat juga bermanifestasi pada kulit.

Rasa gatal di wajah yang disebabkan oleh alergi bisa diatasi dengan obat-obatan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapat obat yang tepat.

Sementara itu, jika rasa gatalnya timbul karena kulit kering, pemakaian pelembab dan cukup minum air bisa membantu menghidrasi kulit. Pilih pelembab khusus untuk kulit wajah kering dan sebaiknya pilih produk yang bebas pewangi atau zat tambahan lain.

7 Makanan Yang Mampu Cegah Jerawat

7 Makanan Yang Mampu Cegah Jerawat

Memiliki kulit bersih dan sehat adalah sesuatu yang didambakan banyak orang. Sayangnya, entah karena stres, kelelahan, atau perubahan cuaca, kulit bisa berjerawat.

Untungnya, ada beberapa makanan yang ampuh mencegah jerawat muncul.  Menambahkan salah satu dari beberapa makanan di bawah ini, bisa membantu membersihkan kulit luar dan dalam. Apa sajakah makanan itu?

1. Alpukat

Alpukat termasuk jenis buah yang digemari karena nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini kaya akan vitamin E yang bisa meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga menjaganya tetap awet muda.

Tidak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mengurangi peradangan kulit dan merupakan pelembap alami untuk kulit.

2. Kacang-kacangan

Kebanyakan orang yang memiliki jerawat biasanya terkait dengan kekurangan mineral seperti seng dan selenium. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan mineral tersebut dari kacang-kacangan.

Pasalnya, kacang-kacangan mengandung selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi yang semuanya baik untuk kesehatan kulit.

3. Buah anggur merah
Buah dan biji anggur merah kaya akan kandungan bahan kimia dan antioksidan yang bisa membantu mengobati peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Tidak hanya itu, buah anggur merah pun juga dikenal dapat membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

4. Nasi merah

Nasi merah kaya akan sumber vitamin B, magnesium, protein, dan beberapa antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Terutama kandungan vitamin B dalam beras merah yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Makanan dengan vitamin B mampu mengurangi stres kulit dengan membantu mengatur kadar hormon dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya jerawat.

5. Brokoli

Brokoli adalah makanan pembersih kulit alami. Pasalnya, brokoli dilengkapi dengan vitamin A, B, C, E, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berbagai antioksidan yang terkandung dalam brokoli akan membantu melawan kerusakan kulit serta membuat kulit jadi lebih bercahaya.

6. Ikan

Kebanyakan orang Indonesia lebih memilih mengonsumsi daging dan ayam dibandingkan ikan sebagai asupan proteinnya. Padahal, nutrisi dalam ikan sangat tinggi sehingga menawarkan manfaat kesehatan yang tidak boleh diragukan lagi, termasuk untuk kesehatan kulit.

Salah satu penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan berminyak seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel diketahui memiliki kulit yang lebih terlindungi dari jerawat.

Hal ini karena ikan adalah sumber utama asam lemak seperti omega-3 dan omega-6 yang secara alami mampu membantu meredakan peradangan yang memicu penyumbatan sel pori dan menyebabkan jerawat.

7. Bawang putih
Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit.

Selama ini bawang putih terkenal manfaatnya yang baik untuk kesehatan jantung. Ternyata, manfaat bawang putih tidak hanya sampai di situ saja. Pasalnya bawang putih juga diketahui bagus untuk kulit.

Ini karena bawang putih termasuk golongan ‘super food‘ yang membantu melawan peradangan.

Bawang putih mengandung zat kimia alami yang disebut allicin. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh mencegah jerawat.

Benarkah Lompat Tali Bisa Meninggikan Badan

Benarkah Lompat Tali Bisa Meninggikan Badan

Lompat tali atau skipping adalah olahraga kardio yang mudah dan juga murah. Selain menyehatkan bagi jantung dan paru-paru, banyak yang bilang bahwa skipping bisa menjadi cara cepat menambah tinggi badan. Benarkah begitu?

Sebelum menjawabnya, satu hal yang kita harus tahu, faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang adalah gen. Sekitar 60-80 persen dari tinggi badan kita ditentukan oleh genetik warisan orangtua.

Kalau orangtua pendek, maka besar kemungkinan anaknya memiliki postur yang juga pendek. Sisanya tergantung pada faktor lingkungan, terutama nutrisi makanan dan rutinitas aktivitas fisik sehari-hari.

Meski begitu, benar juga bahwa olahraga teratur dapat membantu menambah tinggi badan. Pasalnya selama berolahraga, tubuh  melepaskan lebih banyak hormon pertumbuhan (HGH) untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan yang lebih maksimal.

Selain itu, olahraga secara umum akan membantu menguatkan struktur otak dan tulang. Nah saat kita melakukan skipping, tulang juga dilatih untuk menerima beban dengan menopang berat badan. Pembebanan inilah yang memicu terbentuknya sel-sel tulang yang baru.

Namun manfaat skipping sebagai cara menambah tinggi badan tidak bisa dinikmati semua orang. Skipping bisa menambah tinggi badan terlebih jika sudah rutin dilakukan sejak masa kanak-kanak.

Pasalnya, meski memang kelenjar pituitari tidak pernah berhenti memproduksi hormon HGH, namun jumlahnya akan memuncak selama masa pubertas dan kemudian berangsur-angsur menurun setelah usia 30 tahun.

Pada anak-anak dan remaja yang masih mengalami pertumbuhan, pembentukan sel-sel tulang baru akan memengaruhi ukuran tulang menjadi semakin panjang. Tinggi badan pun akan bertambah dengan pembentukan sel-sel tulang yang baru itu.

Selain karena faktor produksi HGH dan pertumbuhan tulang yang lebih cepat pada anak-anak, perlu diingat juga bahwa tinggi badan akan berhenti tumbuh ketika lempeng epifisis (bagian tulang panjang) menutup.

Tinggi badan wanita umumnya akan berhenti tumbuh sekitar usia 16 tahun, dan 18 tahun untuk pria. Ketika sudah menutup maka itulah hasil akhir tinggi badan kita saat dewasa. Sementara itu, tinggi badan pria dan wanita akan menyusut mulai usia 40 tahun hingga seterusnya.

Nah, tidak heran jika skipping menjadi salah satu aktivitas fisik yang sangat membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Bagi mereka yang berusia di atas 30, efek skipping untuk menambah tinggi biasanya tidak terlihat.

Meskipun bagi orang dewasa skipping tidak bisa membuat badan jadi lebih tinggi, tapi rajin lompat tali bisa memperkuat otot serta menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Pada orang dewasa yang sudah tidak mengalami pertumbuhan, pembentukan sel-sel tulang baru akan mengisi tulang agar menjadi semakin padat. Kondisi seperti ini akan membuat tulang semakin kuat dan menurunkan risiko pengeroposan tulang.

Selain memperkuat tulang, gerakan lompatan yang dilakukan berulang kali juga akan membentuk otot-otot kaki menjadi semakin kuat. Ini membuat kita tidak cepat lelah saat berjalan jauh atau saat menaiki tangga, bukan?

Tingkat Kerusakan Motor Yang terkena Banjir

Tingkat Kerusakan Motor Yang terkena Banjir

Banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya menyebabkan terendamnya harta benda warga, salah satu yang tampak adalah sepeda motor. Bila ketinggian rendaman air sudah mencapai posisi mesin, biasanya motor sudah sulit dihidupkan.

Kepala Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok Memet Saputra mengatakan, ada beberapa penyebab matinya mesin motor yang baru habis terendam banjir. Untuk lebih memudahkan pengecekan, Memet menyarankan pemilik untuk membawa motornya ke bengkel resmi dengan mobil bak terbuka.

Menurut Memet, kerusakan paling minim untuk motor yang terendam banjir adalah bercampurnya oli dengan air yang masuk ke bak mesin. Oli yang sudah tercampur air biasanya ditandai dengan warnanya. Dalam kondisi ini, motor hanya perlu dikuras oli dan dilakukan proses ganti ulang oli baru sebanyak tiga kali.

"Oli lama yang sudah tercampur tadi dibuang, diganti oli baru. Mesinnya dihidupkan 10 menit, setelah itu diganti oli baru lagi sebanyak tiga kali. Kalau warna olinya sudah normal kembali, artinya air di bak mesin sudah benar-benar terkuras," kata Memet saat ditemui Kompas.com, Selasa (6/2/2018).

Menurut Memet, suara mesin motor biasanya akan halus kembali setelah dikuras oli sebanyak tiga kali. Bila masih kasar, maka tingkat kerusakannya sudah bukan lagi sekedar bercampurnya oli dengan air. Tapi ada komponen lain yang rusak.

Dalam kondisi ini, maka mekanik akan melakukan overhaul, yakni membongkar komponen-komponen kendaraan untuk diperiksa dengan sangat teliti, apa yang menjadi penyebab kerusakannya. Pada kerusakan di tahap lanjutan ini, komponen apa saja yang rusak tidak bisa dipastikan, harus diperiksa secara menyeluruh.

Memet mengatakan seberapa parahnya kerusakan biasanya tergantung seberapa tinggi air yang merendam motor. Sebab ketinggian air inilah yang berpengaruh ke komponen apa saja yang mengalami kerusakan. Menurut Memet, pada umumnya komponen yang mengalami kerusakan pada tahap lanjutan ini adalah komponen yang ada di bagian tengah mesin.

"Setelah bagian tengah, baru kita lihat bagian atasnya. Kalau atasnya masih aman, komponen seperti klep atau noken as tidak perlu diganti," kata Memet.

Bila ditambah dengan ongkos pengerjaan, Memet menyebut biaya paling minim untuk perbaikan motor yang rusak karena kebanjiran biasanya ada di kisaran Rp 1.3 juta.

Sulitnya Penanganan Kabin Mobil Yang Terendam Banjir

Sulitnya Penanganan Kabin Mobil Yang Terendam Banjir

Selain mesin, sektor lain dari mobil yang biasanya kena dampak apabila terendam banjir adalah interior. Dalam banyak kasus, sisa banjir yang merendam interior meninggalkan lumpur tebal yang mengotori lantai, karpet, jok hingga dashboard.

Relatif sulit untuk membersihkan kotoran di interior mobil bila kondisinya sudah sangat parah, apalagi di bagian-bagian yang sempit. Namun bila dibiarkan, kotoran ini bisa meninggalkan bau tak sedap. Bengkel-bengkel resmi biasanya hanya melayani perbaikan mesin, namun tidak melayani jasa pembersihan interior bila kondisinya parah.

Menurut Service Manager Auto2000 Depok, Deni Andrian, pembersihan interior oleh bengkelnya hanya meliputi bagian karpet. Namun tidak menyeluruh ke bagian lain, seperti jok. Sebab jok yang kondisinya sudah terlalu kotor harus dibongkar dan membutuhkan waktu khusus untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan interior, Deni menyarankan pemilik mobil untuk pergi ke jasa cuci mobil yang melayani pembersihan menyeluruh atau car detailing.

Hadiyatma, pemilik dari Qals Auto Care yang melayani car detailing mengatakan, butuh waktu sekitar seminggu untuk membersihkan interior mobil yang terendam banjir. Saat proses pembersihan, seluruh jok mobil akan dibongkar.

"Kalau sudah kotor semua karena terendam harus dibongkar semua, termasuk seluruh jok," kata Adit saat ditemui Kompas.com di bengkelnya di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, Depok, Rabu (7/2/2018).

Untuk membersihkan interior mobil yang kotor karena banjir, Adit menyebut diperlukan cairan khusus untuk menghilangkan noda yang menempel. Untuk kotoran yang menempel di jok akan disedot lebih dulu dengan vacuum cleaner.

Menurut Adit, jok yang sudah dibersihkan nantinya akan dikeringkan dengan alat pengering. Namun untuk hasil terbaik, jok tetap akan dijemur mengandalkan panas sinar matahari. Kondisi inilah yang disebutnya bisa memakan waktu lama. Karena jika cuaca tidak mendukung, maka proses pengeringan jok tidak bisa dilakukan.

"Sebagus apapun pakai dryer, tetap hasil terbaik jika dijemur langsung pakai sinar matahari. Karena sinar matahari bisa menghilangkan lembab," ucap Adit.

Sepengalamannya membersihkan mobil-mobil bekas banjir, Adit menyebut ongkos jasa yang dikenakan mencapai sekitar Rp 3 jutaan.

Benarkah Mengisi Angin Kompresor Yang Mengandung Nitrogen

Benarkah Mengisi Angin Kompresor Yang Mengandung Nitrogen

Outlet-outlet pengisian ban dengan nitrogen diketahui menggunakan angin yang bersumber dari tabung kompresor. Akhir-akhir ini, unggahan salah satu pengguna Facebook kembali viral, menganggap tabung kompresor seharusnya tidak digunakan pada tempat pengisian nitrogen.

Selaku pihak yang dituding, Green Nitrogen sudah pernah memberikan penjelasan mengenai proses produksi nitrogen. Green Nitrogen adalah unit usaha yang mengelola outlet pengisian nitrogen di SPBU-SPBU Pertamina.

Dikutip dari laman resminya, Green Nitrogen menyatakan kompresor yang digunakan untuk memproduksi nitrogen bukan kompresor biasa. Tapi kompresor bertekanan 3 PK. Green Nitrogen menyebut udara yang dihasilkan kompresor bertekanan 3 PK mengandung 79 persen nitrogen, 20 persen oksigen dan 1 persen uap air. Udara ini kemudian disuplai ke mesin generator untuk memproduksi nitrogen.

Angin yang masuk ke N2 Generator akan diproses dengan sistem pressure swing absorber (PSA) dan kemudian disaring dengan carbon molecular sieve (CMS). CMS disebut berfungsi memisahkan gas nitrogen dengan gas oksigen dan lainnya. Nitrogen yang telah tersaring inilah kemudian akan diteruskan masuk ke ban kendaraan.

"Sistem PSA pada mesin generator akan menjamin kemurnian nitrogen yang dihasilkan menjadi 99,5 persen," tulis Green Nitrogen.

Untuk mempertahankan tingkat kemurnian nitrogen yang dihasilkan, Green Nitrogen menyebut tim teknisinya selalu mengecek dan merawat alat-alat yang digunakan. Secara periodik, alat-alat tersebut dirawat dan dicek dengan perangkat yang telah terkalibrasi dan tersertifikasi.

"Dengan mesin N2 generator yang kami miliki, kami berani menjamin kemurnian nitrogen yang dihasilkan mencapai 99,5 persen," tulis Green Nitrogen.

Rahasia Bakteri Mampu Ciptakan Emas

Rahasia Bakteri Mampu Ciptakan Emas

Sejak zaman dulu, emas merupakan logam mulia yang berharga bagi manusia. Selain menjadi perhiasan, emas juga dijadikan barang investasi.

Emas sendiri berasal dari bintang mati yang jauh dari bumi. Para ilmuwan memperkirakan emas berasal dari supernova yang membombardir bumi sekitar 200 juta tahun lalu. Tapi kini emas dapat diciptakan manusia.

Ssaat ini tim peneliti Internasional sedang mengembangkan tambang emas dari limbah elektronik. Mereka menemukan bakteri yang dapat mengambil jejak emas dalam limbah elektronik dan mengubahnya menjadi emas.

Menurut associate professor dari University of Adelaide, Frank Reith, temuan ini akan sangat berarti bagi perusahaan tambang. Teknik yang dilakukannya diklaim tak akan memberi dampak negatif bagi kesehatan, komunitas, atau lingkungan.

Dalam makalah yang terbit di Metallomics, Rabu (31/1/2018), bakteri yang dimaksud oleh Reith adalah Cupriavidus metallidurans.

Mereka menemukan bakteri C. metallidurans dapat tetap hidup saat menelan senyawa logam beracun, efek sampingnya justru bakteri tersebut menghasilkan sejumlah emas kecil.

Emas mirip banyak elemen lainnya yang dapat bergerak melalui siklus biogeokimia. Di mana emas akan larut, bergeser, dan akhirnya terkonsentrasi kembali di endapan bumi.

Uniknya, C. metallidurans yang sudah ditemukan sejak 2009 terlibat dalam setiap prosesnya. Inilah yang membuat para peneliti bertanya-tanya bagaimana mungkin bakteri tersebut tidak mati oleh senyawa beracun yang biasanya ada di dalam tanah.

"Penelitian ini menunjukkan bagaimana C. metallidurans terlibat dalam detoksifikasi emas yang kompleks," ujar Reith yang merupakan ahli geomikrobiologi dan merupakan peneliti utama dalam penelitian ini pada 2009.

Sejak pertama kali ditemukan, kini Reith dan koleganya tahu bagaimana mekanisme bakteri dapat mencapai prestasi yang menakjubkan ini.

Dalam penelitiannya, mereka menemukan bahwa C. metallidurans tumbuh subur di tanah yang mengandung mineral dan logam berat beracun.

Di dalam tanah itu, organisme sering bersentuhan dengan dua jenis logam berat, yakni tembaga dan emas. Umumnya, tembaga dan emas dapat mudah terserap ke dalam sel dan menempatkan bakteri pada risiko keracunan logam berat atau toksisitas logam.

"Jika organisme memilih untuk bertahan hidup di lingkungan seperi itu, ia harus memiliki cara untuk melindungi diri dari zat beracun," imbuh Dietrich H Nies dari Martin Luther University Halle-Wittenberg di Jerman, dilansir Science Alert.

Peneliti menemukan bakteri tersebut memiliki mekanisme pelindung diri yang canggih, tak hanya pada emas tapi juga tembaga.

C. metallidurans bisa tetap hidup karena ia memiliki enzim yang dapat mendorong tembaga dan emas keluar dari sel mereka. Ia memiliki dua enzim berbeda untuk menangani tembaga dan emas.

Dalam mengatasi tembaga mereka memiliki enzim yang disebut CupA, sementara untuk menangani emas mereka memiliki enzim yang disebut CopA.

Dengan kedua molekul tersebut, bakteri C. metallidurans dapat mengubah senyawa emas dan tembaga menjadi bentuk yang sulit diserap oleh sel.

Proses tersebut juga yang membuat C. metallidurans menumpahkan semua tembaga yang tidak diinginkan dan sekaligus menghasilkan sejumlah partikel kecil emas di permukaan bakteri.

Dengan memahami C. metallidurans yang dapat mengeluarkan sejumlah emas berukuran kecil, berarti para ilmuwan memiliki peluang besar untuk membuka siklus biogeokimia emas.

Di masa depan, pengetahuan ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki logam mulia dari bijih yang hanya mengandung sejumlah kecil logam.

4 Mitos Makanan Organik Yang Harus Kamu Ketahui

4 Mitos Makanan Organik Yang Harus Kamu Ketahui

Saat berbelanja di pasaraya, beberapa orang ada yang langsung memutuskan pergi ke rak makanan organik daripada yang biasa. Banyak yang percaya bahan makanan organik diklaim bebas pestisida dan lebih menyehatkan.

Meski demikian, bukan berarti Anda hanya mengonsumsi makanan organik saja. Sebab, menurut ahli toksikologi beberapa mitos yang beredar justru menyesatkan.

"Kekhawatiran terbesar saya adalah informasi yang diberikan terkait bahan makanan organik justru akan membuat orang tidak mengonsumsi banyak buah dan sayuran sehat. Tindakan seperti ini justru lebih berbahaya untuk kesehatan dalam jangka panjang," kata Carl Winter, ahli toksikologi makanan dari Universitas California kepada Futurism.

Sebelum mengambil keputusan untuk makanan Anda, ada baiknya simak penjelasan sains terkait 4 mitos yang beredar terkait makanan organik.

1. Makanan organik lebih aman karena bebas pestisida

Saat makanan dilabeli organik, maka produk tersebut harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh organisasi dan pemerintah. Departemen Pertanian AS (USDA) menyebut makanan bisa disebut organik jika melindungi sumber daya alam, melestarikan keanekaragaman hayati, dan hanya menggunakan zat yang disetujui. Di AS dan Kanada, makanan organis harus bebas transgenik atau bebas gen asing.

Dari definisi itu, makanan organik haruslah bebas pupuk sintetis atau pestisida sebelum dipanen. Namun bukan berarti makanan organik benar-benar bebas residu pupuk. Pada 2011 USDA menunjukkan 39 persen dari 571 sampel makanan organik mengandung residu pestisida.

Ahli toksologi mengatakan bahwa pestisida belum tentu beracun bagi manusia. "Prinsip pertamanya adalah dosis yang membuat racun," kata Winter.

Selain itu, petani saat ini pun menggunakan pestisida yang jauh lebih sedikit daripada satu dekade yang lalu. Pestisida itu sendiri harus terbukti berdampak rendah pada kesehatan manusia.

Meski kandungan pestisida yang tingga dapat menimbulkan masalah kesehatan, namun sisa residu yang tertinggal dalam makanan terbukti berulangkali tidak berpengaruh pada kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat tidak ada pestisida yang diizinkan dalam perdagangan pangan Internasional dapat berisiko genetik bagi konsumen.

2. Makanan Organik Lebih Sehat

Setelah pemerintah AS mengatur produk organik pada 1990, para pendukung mengklaim bahwa makanan organik membuat lebih sehat. Klaim yang sulit dipastikan ini justru menyesatkan.

Setelah menganalisis 240 penelitian tentang nilai gizi makanan organik, penulis penelitian 2012 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menyimpulkan bahwa mereka tidak menemukan makanan organik secara signifikan lebih bergizi daripada makanan konvensional.

Dalam makalah itu, ilmuwan juga menyimpulkan bahwa makanan organik dapat mengurangi paparan konsumen terhadap residu pestisida dan menghindari menelan bakteri resisten antibiotik.

3. Kandungan transgenik (GMO) berbahaya untuk dimakan

Genetically Modified Organisms (GMO) atau tanaman dengan genom yang telah ditambah dengan DNA dari organisme lain sudah mengubah secara permanen industri pertanian. Para ilmuwan telah menciptakan varietas tanaman rekayasa genetika yang mengandung gen untuk melindungi dari hama, gulma, atau bahkan virus tanaman tertentu.

Perdebatan soal keamanan GMO ini masih terus muncul meski dibuat pertama kali 23 tahun lalu. Perlu diketahui, GMO tak selalu pada penggunaan tidak wajar yang direkayasa secara sintesis, tanaman jenis ini juga memanfaatkan proses alami.

Misalnya bakteri Bacillus thuringiensis ditemukan sebagai insektisida alami sejak lebih dari 100 tahun lalu. Baru-baru ini, ahli biologi telah memodifikasi gen tanaman seperti jagung untuk mengekspresikan protein insektisida yang ada dalam mikroorganisme alami ini. Akibatnya, tanaman itu beracun bagi serangga namun ladang dan ekosistem sekitarnya sebagian besar tidak terpengaruh.

Ketakutan pada transgenik memengaruhi kesehatan memberi konsumen alasan untuk mengonsumsi organik. Padahal sampai saat ini tak ada bukti yang dapat dipercaya bahwa tanaman rekayasa genetik dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia. Hal itu pun telah diumumkan WHO.

4. Tanaman rekayasa genetika buruk bagi lingkungan

Kelompok yang menentang tanaman rekayasa genetika tak hanya menyebut hal ini buruk untuk kesehatan, tetapi juga bagi lingkungan. Salah satu yang dikhawatirkan adalah tanaman rekayasa genetika menggunakan herbisida yang lebih besar dan bisa mengurangi keanekaragaman hayati dan membuat gulma lebih tahan bahan kimia.

Tapi secara keseluruhan hal ini tidak menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Penelitian 2016 menemukan bahwa tanaman GMO benar-benar dapat mengurangi jumlah pestisida yang dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah produksi tanaman.

Penelitian 2014 menemukan bahwa tanaman hasil rekayasa genetika memiliki hasil 22 persen lebih banyak daripada varietas non-GM. Lebih banyak makanan per meter persegi bisa berarti bahwa lebih sedikit lahan dibutuhkan di seluruh dunia untuk pertanian, membuat lebih banyak habitat tidak terganggu atau mengalokasikan lebih banyak lahan untuk cadangan alam atau koridor satwa liar

Makanan organik bukanlah pilihan buruk, begitu pula makanan konvensional. Buatlah pilihan secara bijak berdasarkan sains yang telah dipaparkan, bukan sekadar mitos.

Walau banyak mitos beredar terkait makanan organik dan biasa, tapi yang jelas makan buah dan sayur adalah yang paling penting. Tak peduli apakah itu makanan organik atau bukan.